Himpunan Mahasiswa Jurusan Syari'ah Jinayah wa Siyasah
Image by Cool Text: Free Graphics Generator - Edit Image e-Mail: himajinasiarraniry@yahoo.co.id

Rabu, 05 Juni 2013

IAIN Ar-raniry Juara 1 Debat Hukum Nasional




IAIN Ar-raniry dan UIN Malang usai laga final debat hukum nasional

Jepara - Debator perwakilan fakultas Syari’ah IAIN Ar-raniry akhirnya keluar sebagai juara satu debat hukum nasional yang digelar oleh Forum Mahasiswa Syari’ah Se-Indonesia di kampus INISNU Jepara, 27 - 28 Mei 2013 lalu.

Kemenangan ini ujar Fachrurrazi (Gubernur Syari’ah), setelah IAIN mampu mengalahkan UIN Malang yang juga berturut-turut mendapat nilai tertinggi. “Namun, di final UIN Malang dikalahkan oleh IAIN Ar-raniry yang pada babak penyisihan hanya mendapat nilai ketiga tertinggi dan di semifinal mendapat nilai kedua tertinggi,” jelasnya.
Khairil Akbar salah seorang debator perwakilan fakultas Syari’ah IAIN Ar-raniry itu sebenarnya agak pesimis dengan posisi final yang kurang menguntungkan menurutnya. “Kami harus menolak pasal 293 RUUKUHP yang secara subtantif tidak memiliki celah untuk ditolak. Bahkan, hampir tak ada pakar hukum yang mempersoalkannya. Kami juga sebenarnya berharap berada di posisi pro yang mendukung pasal itu,” ujarnya.

“Namun, profesionalitas dalam debat harus menjadi fokus. Kita hanya bertanding, bukan mempertahankan sesuatu yang ideal. Justeru idealisme dalam kompetisi debat adalah mempertahankan posisi,” tambah Khairil.
Menurut Husen (rekan satu tim perwakilan fakultas Syari’ah IAIN Ar-raniry), kemenangan ini wajar diraih oleh IAIN Ar-raniry. Meski dari awal IAIN tidak pernah mendapat nilai pertama, namun dalam semua pertandingan, siapa saja berhak menang. “Alhamdulillah, mendampingi Khairil Akbar pada debat ini memberi pelajaran yang sangat berarti dan kesyukuran yang luar biasa bagi saya. Saya sangat senang keluar sebagai juara 1 debat hukum nasional. Di sini, semua yang saya pelajari justru diuji dan harus siap atas ujian kapasistas itu,” ungkap Husen.

Secara terpisah, pihak Dekanan Fakultas Syari’ah menyambut hangat kemenangan ini. Ucapan selamat dari dosen-dosen pun bermunculan.  Dr. Nazaruddin A. Wahid berkata, ”Kami bangga memiliki Mahasiswa yang berprestasi seperti ini. Apalagi sampai pada tingkat nasional. Semoga prestasi ini mampu menstimulir mahasiswa lainnya untuk terus giat belajar dan menjadi kompetitor handal ke-depannya.”

Bahkan  Ihdi Karim Makinara menyatakan bahwa IAIN Ar-raniry pernah masuk semifinal debat konsitusi regional Sumatera yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi di Medan. “Ketika itu, IAIN yang didampingi oleh Hasanuddin Yusuf Adan (PD3 ketika itu) merupakan Perguruan Tinggi asal Aceh satu-satunya yang masuk semi final dan melanjutkan kompetisi berikutnya ke MK di Jakarta,” jelasnya.

Profil Debator:
  • Khairil Akbar merupakan salah satu mahasiswa fakultas Syari’ah pada jurusan Jinayah wa Siyasah. Pemuda yang lahir di desa Lawe Loning Aman ini pernah menempuh pendidikan di MTs dan MAK Bustanul Ulum Langsa. Prestasi debat: Juara debat MK se-Sumatera dan peserta debat MK se-Indonesia di Jakarta.
  • Husen adalah mahasiswa jurusan Perbandingan Hukum dan Madzhab di fakultas Syari’ah IAIN Ar-Raniry yang lahir di desa Senagan Nagan Raya. Prestasi debat: finalis debat hukum nasional Jepara.
Berita terkait:
Atjehpost
Theglobejournal
Kompasiana

1 komentar:

HMJ SJS IAIN AR RANIRY mengatakan...

Selamat. Semoga prestasi ini mampu menstimulir Mahasiswa SJS lain pada khususnya untuk menjadi competitor handal. Amin..

Posting Komentar

Please, Give Us Ur Coment's and We Will Be Good Insyaa Allah

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls